Memindahkan Aplikasi Android ke External Memory



  • Yap. Langsung saja.. Buat HH (Hand Held) Android versi low end yang mayoritas internal memorinya kecil pasti kelabakan dengan pemberitahuan memory penuh karena kekurangan space memory, padahal masih banyak aplikasi yang mau kita install. Oke, mari kita mulai.

    Disini saya coba kasih sedikit penjelasan tentang memindahkan aplikasi dari internal memori ke external memory (SD Card).

    Aplikasi yang saya pakai yaitu Link2SD.

    Link Download :

    PLAYSTORE
    Atau 
    BOX

    CARA INSTALASI

    1. Siapkan HH agan.
        Keadaan HH sudah Root dan SD Card sudah dibuat partisi     (silahkan tanya mbah gugel dulu untuk cara root HH agan     masing2, dan untuk cara mempartisi bisa dilihat DISINI
    2. Download Link2SD pada link di atas
    3. Pindahkan aplikasi Link2SD ke sdcard
    4. Instal manual aplikasi seperti biasa
    5. Buka Link2SD, nanti ada pemberitahuan untuk memilih partisi       sistem yang agan buat di sdcard (ext2, ext3, ext4 dsb.) pilih           salah satu.
    6. Setelah itu ada pemberitahuan untuk me-reboot HH. Reboot         HH agan.
    7. Setelah nyala lagi, buka lagi link2SD nya, jika langsung masuk       menu berarti instalasi berhasil. Jika ada notifikasi untuk memilih     partisi (seperti langkah no. 6), coba Klik Menu >> Recreate       Mount Scripts >> Ext2/Ext3/Ext4/FAT32/FAT16 (pilih       yang agan buat). lalu reboot.
    8. Sekarang tinggal pindahkan aplikasi yang ada di internal memori ke external memori dengan membuat           link pada aplikasi yang akan dipindahkan.
    9. Sampai tahap ini Cara Memindahkan Aplikasi ke External Memori sudah selesai, selanjutnya agan                 experimen aja sendiri :D

    Enjoy & DO WITH YOUR OWN RISK :)


    0 comments: